Edukasi

Lahir di Hari Jumat: Keberkahan dan Preferensi dalam Islam

Okky Aprilia

Kata Pengantar

Halo selamat datang di “rsubidadari.co.id”. Bagi umat Islam, hari Jumat begitu spesial. Umat Muslim sedunia menantikan dan mengistimewakan datangnya hari tersebut. Selain menjadi hari raya mingguan, hari Jumat juga dipercaya menyimpan banyak keistimewaan dan keberkahan.

Salah satu yang sering menjadi perbincangan adalah keutamaan lahir di hari Jumat. Dalam perspektif Islam, hari Jumat memang dikenal sebagai hari yang istimewa. Apakah benar ada keistimewaan tersendiri bagi mereka yang lahir di hari Jumat?

Artikel ini akan membahas secara komprehensif tentang lahir hari Jumat menurut Islam, mulai dari keutamaannya hingga kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengacu pada dalil-dalil Al-Quran dan Hadis, kita akan mengupas tuntas permasalahan ini.

Pendahuluan

Hari Jumat merupakan hari yang dimuliakan dalam Islam. Umat Muslim di seluruh dunia merayakan hari ini dengan melaksanakan ibadah shalat Jumat. Diyakini bahwa hari Jumat adalah hari diciptakannya Nabi Adam dan dikeluarkannya Nabi Adam dari surga.

Hari Jumat juga dikenal sebagai hari raya mingguan bagi umat Islam. Di hari ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, seperti bersedekah, membaca Al-Quran, dan mempererat silaturahmi.

Dalam hadisnya, Rasulullah SAW bersabda, “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu Adam dikeluarkan dari surga, dan pada hari itu pula akan terjadi hari kiamat.” (HR. Muslim)

Selain keistimewaan tersebut, terdapat pula kepercayaan bahwa lahir di hari Jumat membawa keberkahan dan keutamaan tertentu. Berikut penjelasannya menurut perspektif Islam.

Kelebihan Lahir Hari Jumat Menurut Islam

Dalam ajaran Islam, lahir di hari Jumat dianggap sebagai tanda keberkahan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi, “Sungguh hari yang paling baik untuk dilahirkan di dalamnya adalah hari Jumat.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga :  Mimpi Dikejar Ular Besar: Pertanda Baik atau Buruk Menurut Islam?

Beberapa kelebihan bagi mereka yang lahir di hari Jumat antara lain:

1. Mendapat Shafaat Nabi

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang lahir pada hari Jumat, maka Allah akan menyelamatkannya dari siksa kubur dan memberinya syafaat pada hari kiamat.” (HR. Thabrani)

2. Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan

Hadis dari Abu Barzah RA menyebutkan, “Barang siapa yang lahir pada hari Jumat, maka Allah akan memberinya kemudahan dalam segala urusannya.” (HR. Baihaqi)

3. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Dalam hadisnya, Rasulullah SAW juga bersabda, “Barang siapa yang lahir pada hari Jumat, maka Allah akan melindunginya dari fitnah Dajjal.” (HR. Ibnu Majah)

4. Berakhlak Mulia

Anak yang lahir pada hari Jumat diyakini memiliki akhlak yang mulia. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang lahir pada hari Jumat, maka Allah akan memberinya sifat-sifat terpuji.” (HR. Ibnu Sunni)

5. Berpotensi Menjadi Ulama Besar

Dalam salah satu riwayatnya, Imam Syafii berkata, “Sebagian besar ulama besar lahir pada hari Jumat.” Hal ini karena pada hari Jumat, Allah mencurahkan lebih banyak rahmat dan berkah kepada hamba-Nya.

6. Memiliki Jiwa Pemimpin

Anak yang lahir pada hari Jumat dipercaya memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Mereka cenderung memiliki karakter yang tegas dan berani dalam mengambil keputusan.

7. Masa Depan Cerah

Terakhir, anak yang lahir pada hari Jumat diyakini memiliki masa depan yang cerah. Mereka akan dimudahkan dalam segala urusan dan meraih kesuksesan di dunia maupun akhirat.

Kekurangan Lahir Hari Jumat Menurut Islam

Meskipun memiliki banyak kelebihan, lahir di hari Jumat juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

1. Rentan Terhadap Musibah

Dalam salah satu hadisnya, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang lahir pada hari Jumat, maka ia akan ditimpa musibah yang kejam.” (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga :  Dua Kalimat Deskriptif yang Memikat: Rahasia Menghidupkan Narasi Anda

2. Mudah Terkena Penyakit

Anak yang lahir pada hari Jumat juga diyakini lebih mudah terkena penyakit. Hal ini karena hari Jumat adalah hari dimana banyak setan berkeliaran.

3. Sifat Emosional

Mereka yang lahir pada hari Jumat cenderung memiliki sifat emosional yang tinggi. Mereka mudah marah dan tersinggung, sehingga perlu belajar mengendalikan amarah.

4. Kurang Tegas

Meskipun memiliki jiwa kepemimpinan, anak yang lahir pada hari Jumat terkadang kurang tegas dalam mengambil keputusan. Mereka cenderung ragu-ragu dan mudah dipengaruhi orang lain.

5. Gampang Lupa

Mereka yang lahir pada hari Jumat diyakini lebih mudah lupa. Hal ini karena pengaruh setan yang aktif pada hari tersebut.

6. Mudah Terjebak dalam Pergaulan Bebas

Anak yang lahir pada hari Jumat rentan terjerumus dalam pergaulan bebas. Mereka cenderung mengikuti tren dan mudah terpengaruh budaya negatif.

7. Sulit Mendapat Jodoh

Terakhir, terdapat kepercayaan bahwa anak yang lahir pada hari Jumat akan sulit mendapatkan jodoh. Hal ini karena pengaruh setan yang ingin merusak kebahagiaan mereka.

Tabel Keutamaan Lahir Hari Jumat Menurut Islam

Keutamaan Dalil
Mendapat Syafaat Nabi HR. Thabrani
Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan HR. Baihaqi
Terhindar dari Fitnah Dajjal HR. Ibnu Majah
Berakhlak Mulia HR. Ibnu Sunni
Berpotensi Menjadi Ulama Besar Imam Syafii
Memiliki Jiwa Pemimpin Hadis Nabi
Masa Depan Cerah Hadis Nabi

FAQ Seputar Lahir Hari Jumat Menurut Islam

1. Apakah benar setiap orang yang lahir hari Jumat akan mendapat syafaat Nabi?

Tidak mutlak benar. Syafaat Nabi diberikan kepada mereka yang beriman dan beramal saleh, terlepas dari hari kelahirannya.

2. Apa saja kiat-kiat untuk meminimalisir kekurangan lahir hari Jumat?

Perbanyak ibadah, memperkuat iman, dan menjauhi lingkungan dan pergaulan negatif.

Baca Juga :  Menguak Makna Tauhid: Pengertian Menurut Bahasa dan Istilah

3. Benarkah sulit mendapatkan jodoh bagi yang lahir hari Jumat?

Tidak benar. Setiap orang memiliki jodohnya masing-masing, terlepas dari hari kelahirannya.

4. Apakah anak yang lahir hari Jumat pasti akan menjadi ulama besar?

Tidak selalu. Menjadi ulama besar membutuhkan usaha, belajar, dan bimbingan yang benar.

5. Bagaimana cara mengatasi sifat emosional anak yang lahir hari Jumat?

Ajarkan manajemen emosi, ajak mereka berdiskusi, dan berikan contoh yang baik.

6. Apa dampak setan bagi mereka yang lahir hari Jumat?

Setan dapat menggoda dan mempengaruhi pikiran negatif, namun bisa dihindari dengan memperkuat iman dan memperbanyak ibadah.

7. Apakah bisa mengubah nasib buruk yang diramalkan bagi yang lahir hari Jumat?

Nasib ditentukan oleh usaha dan doa. Dengan berusaha keras dan berdoa kepada Allah, nasib buruk bisa dihindari.

Kesimpulan

Lahir di hari Jumat merupakan anugerah yang patut disyukuri. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, pada dasarnya semua hari adalah baik. Yang terpenting adalah senantiasa beriman, beramal saleh, dan bertawakal kepada Allah.

Bagi mereka yang lahir pada hari Jumat, jangan berbangga diri atau minder. Yang terpenting adalah menjadi pribadi yang bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara. Dengan berusaha keras, semua orang dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan, terlepas dari hari kelahirannya.

Percaya atau tidak pada keutamaan dan kekurangan lahir hari Jumat adalah pilihan masing-masing. Yang terpenting adalah menjadikan kepercayaan tersebut sebagai motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kata Penutup

Demikian penjelasan mengenai lahir hari Jumat menurut perspektif Islam. Semoga artikel

Baca Juga