Edukasi

Bulan Baik untuk Menikah 2023 Menurut Pandangan Islam

Okky Aprilia

Halo selamat datang di “rsubidadari.co.id”

Selamat datang di “rsubidadari.co.id”, blog yang mengulas seputar dunia pernikahan. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai bulan baik untuk menikah menurut pandangan Islam pada tahun 2023. Islam merupakan agama dengan ajaran yang komprehensif, termasuk dalam hal pernikahan. Dalam Islam, pernikahan dipandang sebagai ibadah dan dianjurkan untuk segera dilaksanakan oleh mereka yang sudah siap.

Untuk melangsungkan pernikahan yang sakral dan mendapatkan ridha Allah SWT, ada beberapa bulan yang dianggap baik untuk menikah menurut ajaran Islam. Hal ini dikarenakan bulan-bulan tertentu memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri. Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai bulan-bulan baik untuk menikah tahun 2023 menurut pandangan Islam beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pendahuluan

Pernikahan dalam Islam merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW, “Menikah itu adalah sunnahku. Barang siapa yang tidak mengikuti sunnahku, maka dia bukan termasuk golonganku.” (HR. Ibnu Majah).

Dalam ajaran Islam, setiap bulan memiliki keutamaan dan keberkahan yang berbeda-beda. Terdapat beberapa bulan yang dianggap baik untuk melangsungkan pernikahan karena memiliki فضيلة (keutamaan) dan keberkahan tersendiri. Dengan menikah di bulan-bulan tersebut, diharapkan pasangan suami istri akan mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Perlu diketahui bahwa penetapan bulan baik untuk menikah dalam Islam tidak hanya didasarkan pada pertimbangan aspek budaya atau tradisi. Melainkan juga berdasarkan pada dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.

Oleh karena itu, bagi umat Islam yang ingin melangsungkan pernikahan, sangat dianjurkan untuk mempertimbangkan bulan-bulan baik yang telah ditetapkan dalam ajaran Islam. Hal ini sebagai bentuk ikhtiar untuk mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Baca Juga :  Menurut Bahasa Khiyar Berarti Hak Memilih dan Kembali

Kelebihan dan Kekurangan Bulan Baik untuk Menikah 2023 Menurut Islam

Kelebihan Menikah di Bulan Baik

Menikah di bulan baik menurut pandangan Islam memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Isra’ ayat 19, “Dan kawinkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan perempuan.” Ayat ini menunjukkan bahwa pernikahan merupakan sesuatu yang dianjurkan dan membawa keberkahan.
  • Mempermudah dalam mendapatkan jodoh. Menikah di bulan baik dipercaya dapat mempermudah seseorang dalam mendapatkan jodoh yang baik dan sesuai dengan kriteria.
  • Meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang antara suami istri. Pernikahan yang dilangsungkan di bulan baik dipercaya dapat meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang antara suami istri.

Kekurangan Menikah di Bulan Baik

Selain kelebihan, menikah di bulan baik juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Biaya pernikahan yang lebih tinggi. Bulan-bulan baik biasanya menjadi waktu yang ramai untuk menikah, sehingga biaya pernikahan cenderung lebih tinggi.
  • Persaingan dalam mendapatkan tempat pernikahan. Pada bulan-bulan baik, permintaan untuk tempat pernikahan akan meningkat, sehingga persaingan untuk mendapatkan tempat yang diinginkan akan semakin ketat.
  • Ketersediaan vendor pernikahan yang terbatas. Di bulan-bulan baik, ketersediaan vendor pernikahan seperti fotografer, videografer, dan katering akan lebih terbatas.

Bulan Baik untuk Menikah 2023 Menurut Islam

Bulan Baik untuk Menikah 2023 Menurut Islam
No. Bulan Keutamaan
1 Muharram Merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah. Dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan.
2 Shafar Merupakan bulan yang baik untuk menyelesaikan masalah dan menyelesaikan urusan.
3 Rabiul Awal Merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dianggap sebagai bulan yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan.
4 Rabiul Akhir Merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan rezeki.
5 Jumadil Awal Merupakan bulan yang baik untuk merencanakan sesuatu yang baru, termasuk pernikahan.
6 Jumadil Akhir Merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan kasih sayang.
7 Rajab Merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan keampunan. Dianggap sebagai bulan yang baik untuk memulai hal-hal baru, termasuk pernikahan.
8 Sha’ban Merupakan bulan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan. Dianggap sebagai bulan yang penuh dengan ampunan dan keberkahan.
9 Ramadhan Merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, ampunan, dan pahala. Dianggap sebagai bulan yang sangat baik untuk menikah.
10 Syawal Merupakan bulan setelah bulan Ramadhan. Dianggap sebagai bulan yang penuh dengan kegembiraan dan kebahagiaan.
11 Dzulqa’dah Merupakan bulan yang baik untuk merencanakan sesuatu yang baru, termasuk pernikahan.
12 Dzulhijjah Merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan pahala. Dianggap sebagai bulan yang sangat baik untuk menikah.
Baca Juga :  Hari Baik untuk Memulai Usaha Dagang Menurut Islam

FAQ

  1. Mengapa bulan-bulan tertentu dianggap baik untuk menikah dalam Islam?

  2. Karena bulan-bulan tertentu memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.

  3. Bulan apa yang paling baik untuk menikah dalam Islam?

  4. Setiap bulan memiliki keutamaan masing-masing, namun bulan Ramadhan dan Dzulhijjah dianggap sebagai bulan yang sangat baik untuk menikah.

  5. Apakah ada bulan yang tidak boleh digunakan untuk menikah dalam Islam?

  6. Tidak ada bulan yang secara khusus diharamkan untuk menikah dalam Islam.

  7. Bolehkah menikah di bulan Zulhijjah sebelum hari Tasyrik?

  8. Tidak ada larangan menikah di bulan Zulhijjah sebelum hari Tasyrik, namun dianjurkan untuk menikahkan orang pada hari Idul Adha atau hari Tasyrik.

  9. Apakah menikah di bulan Ramadhan lebih utama?

  10. Ya, menikah di bulan Ramadhan lebih utama karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, ampunan, dan pahala.

  11. Apakah harus menikah di bulan baik?

  12. Tidak harus, namun sangat dianjurkan untuk menikah di bulan baik agar mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

  13. Bagaimana jika menikah di luar bulan baik?

  14. Tetap diperbolehkan, namun disarankan untuk menikah di bulan baik agar mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

  15. Apakah ada doa khusus yang dianjurkan untuk menikah di bulan baik?

  16. Doa yang dianjurkan untuk menikah di bulan baik adalah “Allahumma inni as’aluka khayraha wa khayra ma fiha, wa a’udzubika min sharriha wa min syari ma fiha.” (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini dan kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan bulan ini dan keburukan yang ada di dalamnya.”

  17. Apakah setelah menikah di bulan baik ada amalan khusus yang harus dilakukan?

  18. Amalan khusus yang dianjurkan setelah menikah di bulan baik adalah memperbanyak ibadah, sedekah, dan doa.

  19. Berapa lama masa iddah

Baca Juga